Senin, 09 Agustus 2010

karir

PENGERTIAN KARIR


Setiap orang pada umumnya memerlukan lapangan pekerjaan serta mendambakan untuk berhasil dalam pekerjaan yang ditekuninya. Karir seseorang bukanlah hanya sekedar pekerjaan apa yang telah dijabatnya, melainkan suatu pekerjaan atau jabatan yang benar-benar sesuai dan cocok dengan potensi-potensi diri dari orang-orang yang menjabatnya. Karir merupakan sekuensi okupasi-okupasi di mana seseorang ikut serta di dalamnya. Beberapa orang mungkin tetap dalam okupasi yang sama sepanjang tahap-tahap kehidupannya, sedangkan yang lainnya mungkin memiliki rangkaian okupasi-okupasi yang begitu berbeda (Mohammad T. Manrihu, 1992:31).
Di sisi yang lain, C.L.Murray dalam Euis Muharomah (1997:25) mendefinisikan karir sebagai suatu jenjang pekerjaan yang saling berhubungan dengan usaha seseorang guna memajukan kehidupannya, dengan melibatkan berbagai: perilaku; kemampuan; sikap; maupun aspirasi atau cita-cita; sebagai rentangan hidupnya. Sedangkan Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, karir dijelaskan sebagai “Perkembangan dan kemajuan di kehidupan pekerjaan, jabatan, dan sebagainya. Atau karir adalah pekerjaan yang memberikan harapan untuk maju”.
Pengertian karir di atas menjadi sukar dipahami tanpa memahami beberapa pengertian dasar yang melingkupi pengertian karir itu sendiri. Adapun pengertian dasar yang dapat dipaparkan, berkaitan dengan pemilihan karir adalah sebagai berikut; pekerjaan (Job) adalah aktivitas rutin yang dijalani untuk mendapatkan penghasilan. Training dan pendidikan khusus tidaklah selalu diperlukan untuk hal ini. Contoh: seniman advertising, MLM agent, marketing representative, pedagang, semua yang tidak membutuhkan gelar khusus merupakan pekerjaan.
Profesi (Profession) adalah okupasi/jenis pekerjaan yang memerlukan pelatihan, pendidikan atau prasyarat khusus untuknya. Misalkan saja: bidang hukum, kedokteran, arsitek, guru, dan sebagainya. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional untuk mereka yang menekuni profesi ini. Contohnya adalah; dokter, pengacara, insinyur bangunan, dan sebagainya. Berdasarkan pengertian di atas, dapat dimengerti bahwa seseorang dapat diakui berprofesi sebagai pembalap, pelukis, penyanyi, pembawa acara, dan sebagainya, manakala dalam menjalani profesi itu dia harus mengikuti pendidikan dan pelatihan tertentu serta harus memenuhi persyaratan tertentu pula.

Setelah memahami pemaparan singkat di atas, barulah kita dapat mencoba mendefinisikan karir secara lebih utuh. Karir adalah perjalanan panjang yang berjenjang, terkait dengan pembentukan dan eksploitasi optimal dari: pengetahuan; keterampilan; dan pengalaman. Pemenuhan karir di sini, terdapat upaya sadar untuk meningkatkan kompetensi profesional yang terkait erat dengan tangga pencapaian profesional dan tahapan perkembangan sebuah pekerjaan atau profesi tertentu, dari yang novice menjadi expert.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Surabaya, JATIM, Indonesia
Aq cuma mw belajar n belajar.... klo da yg menurut temen2 da yg kurang,,,tolong beri tw ya!!!!!