Senin, 09 Agustus 2010

science & research

Science and research
Science atau ilmu adalah pengetahuan tentang fakta-fakta, baik natura atau social yang berlaku umum dan sistematis. Ilmu membentuk kebiasaan serta meningkatkan keterampilan observasi, eksperimentasi, klasifikasi, analisis, serta membuat generalisasi terhadap suatu hal tertentu.
Sedangkan research adalah proses mencari kembali secara hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip. Research bertujuan untuk mengubah kesimpulan-kesimpulan yang telah diterima, ataupun mengubah dalil-dalil dengan adanya aplikasi baru dari dalil-dalil tersebut.
Pada prinsipnya science and research merupakan suatu hal yang berhubungan secara erat. Menurut Almack (1930), hubungan antara science and research adalah seperti sebuah hasil dan proses menuju hasil itu sendiri.
Dimension of research
Secara umum research dapat dibagi dalam dua jenis, yaitu basic research dan applied (practical) research.
Basic research, suatu pencarian terhadap sesuatu karena terdapat perhatian dan keingintahuan terhadap hasil suatu aktifitas. Pencarian ini dikerjakan tanpa memikirkan ujung praktis atau terapan. Hasil dari pencarian ini adalah pengetahuan umum dan pengertian-pengertian tentang alam serta hukum-hukumnya.
Applied (practical) research, pencarian kembali secara hati-hati, sistematik dan terus-menerus terhadap suatu masalah yang dirasa penting dan mendesak bagi masyarakat. Hasil dari research tidak perlu sebagai suatu penemuan baru, namun lebih mengutamakan aplikasi baru dari research yang telah ada. Charters (1925) memberikan lima buah langkah dalam melaksanakan applied (practical) research. Kelima langkah tersebut adalah sebagai berikut:
1. Sesuatu yang sedang diperlukan, dipelajari, diukur, dan diteliti kembali untuk research.
2. Telah menemukan satu atau beberapa kelemahan suatu ilmu tertentu, maka seorang penelitiu memutuskan untuk melakukan research.
3. Biasanya dilakukan pemecahan dalam laboraturium.
4. Melakukan modifikasi guna penerapan.
5. Hasil dari research dipertahankan dan ditempatkan dalam suatu kesatuan, sehingga ia menjadi bagian yang permanen dari suatu system tertentu.
The purpose of study
Tidak selamanya seseorang belajar melalui science dan research. Sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan cara-cara yang lainnya. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:
1. Kebetulan, terkadang cara ini dapat digunakan untuk mendapatkan kebenaran yang diinginkan. Namun seringkali penggunaan cara ini membuat seseorang menjadi tertipu karena hubungan yang seakan-akan ada, padahal hubungan tersebut berdiri sendiri-sendiri.
2. Common sense, cara ini lebih sering digunakan seseorang tergantung dari kepentingan yang menggunakannya. Maka tidak jarang seseorang mempersempit pengamatan kepada hal-hal yang bersifat negative saja.
3. Wahyu, cara ini hanya digunakan para nabi dan rasul.
4. Intuitif, kebenaran diperoleh secara cepat melalui proses luar sadar tanpa menggunakan penalaran dan proses berpikir, maupun melalui suatu perenungan. Kebenaran ini sangat sukar dipercaya, karena tidak terdapat langkah yang sistematis dalam mendapatkannya.
5. Trial and error, melakukan sesuatu secara aktif dengan mengulang-ulang pekerjaan tersebut secara berkali-kali dengan menukar-nukar cara dan materi. Cara ini memakan waktu yang panjang, memerlukan biaya yang sangat tinggi, dan selalu dalam keadaan meraba-raba.
6. Spekulasi, cara yang mempunyai suatu pertimbangan, namun pertimbangan tersebut kurang dipikirkan secara matang, namun dikerjakan dalam suasana penuh dengan resiko.
7. Kewibawaan, pendapat dari seseorang yang dipercaya kredibilitasnya akan dianggap sebagai suatu kebenaran.
The use of research
1. Description, digunakan untuk mendeskripsikan hubungan antara suatu hal, mendefinisikan, dan mengkategorikannya.
2. Prediction, lebih digunakan untuk meramalkan yang akan terjadi pada suatu hal tertentu jika terdapat hal-hal yang mempengaruhinya.
3. Understanding and explaining, lebih digunakan untuk menjelaskan suatu fenomena secara komprehensif agar dapat dimengerti secara lebih mendalam.
The time dimension of research
Suatu ilmu pengetahuan idealnya selalu diperbaharui setiap saat. Zaman berkembang dengan cepat, maka ilmu pun juga tidak boleh kalah begitu saja tergilas oleh zaman. Tak ubahnya dengan research. Maka kaum ilmuwan dan peneliti selalu memperbaharui informasi dengan melakukan research dan dilaporkan dalam berbagai bentuk, seperti: jurnal, tesis, maupun buku.
Data collection techniques used 3
Media yang digunakan dalam pengumpulan data, idealnya menggunakan triangulasi data. Data dapat dikumpulkan melalui observasi dan test-surveys, significant others, maupun dengan tinjauan pustaka. Data yang baik minimum didapatkan melalui kedua cara yang disebutkan di atas.

Tidak ada komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Surabaya, JATIM, Indonesia
Aq cuma mw belajar n belajar.... klo da yg menurut temen2 da yg kurang,,,tolong beri tw ya!!!!!